0
Your cart
Your cart is empty.
Please go to Shop Now
Produk Harga Jumlah Subtotal

10 Nutrisi Penting yang Menjaga Kesehatan Kulit Anda

10 Nutrisi untuk Kesehatan Kulit

Direview oleh

dr. Meira Fitriah, Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Klinik Spesialis Kulit Seby Clinic Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah

Kulit merupakan salah satu dari lima organ indera tubuh. Kulit yang sehat tentunya memberikan dampak positif bagi tubuh yang secara tidak langsung menunjang aktivitas sehari-hari. Agar tetap sehat, Anda perlu mengisi kembali kulit dengan nutrisi penting, termasuk vitamin. Kulit yang sehat biasanya tidak memiliki perbedaan warna atau hiperpigmentasi. 

Jerawat, bekas luka, komedo, kulit kering dan kerutan membuat tekstur kulit menjadi kasar. Hal ini menunjukkan kalau kulit Anda ada masalah. Kulit membutuhkan banyak air agar menjadi lembab. Cairan ini membantu menjaga tingkat keseimbangan sebum (atau minyak) pada permukaan kulit sehingga tidak mudah berminyak atau berjerawat.

Nutrisi penting untuk kulit yang sehat dan awet muda. Menjaga kesehatan kulit bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen dan vitamin. Berikut beberapa vitamin yang dapat Anda gunakan untuk membuat kulit terlihat lebih sehat dan awet muda. 

1. Vitamin C

Vitamin C sebagai Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kulit
Gambar 1. Vitamin C sebagai Nutrisi Penting untuk kesehatan kulit (sumber: Plantura Magazine)

Vitamin ini secara alami banyak ditemukan di lapisan kulit. Vitamin C merupakan nutrisi penting bagi kulit yang mana mengandung kolagen untuk membantu meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit dari dalam. Kandungan antioksidannya juga mampu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kemampuan vitamin C dalam mencegah penuaan dini seringkali menjadi salah satu bahan terpenting dalam produk anti penuaan. Manfaat vitamin C untuk kulit lainnya adalah membantu menyembuhkan luka dan menutupi flek hitam di wajah. 

Gunakan buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, paprika, stroberi, kembang kol, dan sayuran hijau untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Jika ingin menggunakan suplemen nutrisi, pilihlah produk vitamin kulit yang baik dan aman. Ingatlah untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli gizi sebelum menggunakannya. Tujuannya untuk mengetahui kebutuhan vitamin berdasarkan kondisi Anda.

2. Vitamin D

Vitamin D sebagai Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kulit
Gambar 2. Vitamin D sebagai Nutrisi Penting untuk kesehatan kulit (sumber: Good Doctor)

Dibandingkan dengan vitamin C atau  A (retinol),  vitamin D lebih jarang ditemukan pada produk perawatan kulit. Meski demikian, manfaat vitamin D untuk kulit tidak bisa dianggap remeh dan termasuk dalam nutrisi penting. Manfaat vitamin D tidak hanya terbatas pada tulang dan persendian saja. Sebagai salah satu vitamin yang bermanfaat bagi kulit, manfaat vitamin D untuk kesehatan wajah  tidak bisa dianggap remeh. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D memiliki banyak potensi manfaat bagi kulit.  

Manfaat vitamin D untuk kulit adalah dapat mengatasi jerawat, mengurangi peradangan, melindungi kulit, mengurangi paparan polutan, menormalkan regenerasi sel, dan mendukung penyembuhan luka.  

Vitamin D dapat diperoleh dari bermacam-macam sumber, seperti makanan, suplemen, dan cahaya matahari. Di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, mendapatkan vitamin D cukup mudah  dengan paparan sinar matahari pagi selama 15-20 menit minimal tiga kali seminggu.  

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D  tubuh, Anda bisa mengonsumsi makanan  kaya  vitamin D, seperti ikan salmon, tuna, sarden, minyak ikan, kuning telur, daging merah, keju dan susu, jamur, serta buah jeruk.

3. Vitamin E

Vitamin E sebagai Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kulit
Gambar 3. Vitamin E sebagai Nutrisi Penting untuk kesehatan kulit (sumber: hellosehat.com)

Vitamin E mengandung antioksidan, mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Secara tidak langsung, vitamin ini juga menurunkan risiko kanker kulit. Tak heran jika vitamin E disebut sebagai salah satu nutrisi penting dan vitamin kulit yang baik. 

Vitamin E juga dapat membantu merawat kulit kasar dan kering, menjaga strukturnya serta mencegah munculnya flek hitam dan kerutan pada kulit. Ada beberapa makanan kaya vitamin E yang bisa Anda nikmati, yaitu bayam, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan minyak zaitun.

4. Vitamin A

Vitamin A sebagai Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kulit
Gambar 4. Vitamin A sebagai Nutrisi Penting untuk kesehatan kulit (sumber: skinkraft.com)

Walaupun vitamin A dikenal berperan dalam menjaga kesehatan mata, namun juga menjadi nutrisi penting dalam membantu menjaga kesehatan kulit. Banyak juga penelitian yang menunjukkan efek positif vitamin A pada kulit, seperti:

  • Membuat kulit halus 
  • Memperbaiki jaringan kulit yang rusak sekaligus menjaga jaringan yang sehat. 
  • Mengurangi kerutan dan garis halus. 
  • Mencerahkan kulit. 
  • Membantu melawan jerawat

Vitamin A ditemukan dalam banyak makanan, termasuk wortel, ubi jalar, dan sayuran berdaun hijau tua. Banyak pula produk kecantikan yang menggunakannya sebagai komponennya, terutama retinoid. Retinoid merupakan turunan vitamin A yang mempercepat pembaharuan atau regenerasi sel kulit. Inilah sebabnya mengapa kulit tampak lebih cerah setelah menggunakan produk retinoid. Senyawa ini juga efektif mengurangi jerawat dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Perlu Anda ingat bahwa produk retinol harus digunakan dengan tabir surya terutama di pagi hari. 

5. Vitamin B Kompleks

Vitamin A sebagai Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kulit
Gambar 5. Vitamin B Kompleks sebagai Nutrisi Penting untuk kesehatan kulit (sumber: Darya Varia)

Vitamin B kompleks memiliki banyak manfaat untuk kulit Anda. Salah satunya adalah biotin yang dibutuhkan dalam tubuh untuk membentuk sel kuku, kulit, dan rambut. Sedangkan vitamin B3 atau niacinamide banyak digunakan untuk mengurangi dan mengatasi perubahan warna kulit. Niacinamide merupakan salah satu asam amino terbaik dan sering ditemukan di banyak produk perawatan kulit. Makanan seperti oat, nasi, telur, dan pisang biasanya mengandung semua jenis vitamin B, namun Anda juga bisa mengonsumsi suplemen B kompleks. 

6. Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 sebagai Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kulit
Gambar 6. Coenzyme Q10 sebagai Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kulit (sumber: violapharm.com)

Bagi wanita, kerutan adalah salah satu masalah terbesar yang sering terlihat di usia 30an. Coenzyme Q10 merupakan salah satu nutrisi penting yang dapat membantu sel dengan cepat mengurangi kerusakan yang mana memiliki manfaat yang sama dengan vitamin C. Anda dapat mengkonsumsi CQ10 tersebut sebanyak 200 mg per hari.  

7. Glukosamin

Glukosamin sebagai Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kulit
Gambar 7. Glukosamin (sumber: Alodokter)

Glukosamin memiliki manfaat untuk menghindarkan kulit dari garis halus dan kendur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam amino glukosamin mampu mengurangi garis halus dan kerutan di wajah sebesar 34%. Anda bisa mengonsumsi 1.500 miligram glukosamin setiap hari. 

8. Asam Lemak Esensial

Asam Lemak Esensial sebagai Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kulit
Gambar 8. Asam Lemak Esensial (sumber: hellosehat.com)

Biasanya letak jerawat di wajah menandakan adanya gangguan kesehatan yang mungkin dialami seseorang. Asam lemak esensial merupakan nutrisi yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Anda bisa mendapatkannya dari makanan seperti minyak sayur dan ikan.Jika tubuh ternyata kurang menyerap asam lemak, regenerasi kulit menjadi sulit dan kulit menjadi kasar dan keruh.Asam lemak ini juga dikatakan bermanfaat dalam pengobatan jerawat. 

9. Bakteri Asam Laktat

Bakteri Asam Laktat sebagai Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kulit
Gambar 9. Bakteri Asam Laktat (sumber: PSPG UGM)

Bakteri asam laktat merupakan salah satu jenis bakteri yang fungsi utamanya meningkatkan kesehatan kulit.Bakteri ini biasanya digunakan sebagai makanan untuk mengobati penyakit saluran cerna.Bakteri asam laktat terdapat pada beberapa vitamin gizi, salah satunya adalah suplemen makanan. Jika menginginkan produk yang berkualitas, Anda bisa memilih produk dengan kandungan bakteri asam laktat yang tinggi.Meski bakteri asam laktat merupakan vitamin yang baik untuk kulit, usahakan mencari produk yang benar-benar aman.Selain itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit untuk memastikan vitamin asam laktat yang Anda gunakan tidak menimbulkan efek samping pada tubuh Anda. 

10. Equol atau Isoflavon

Isoflavon sebagai Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kulit
Gambar 10. Isoflavon (sumber: hellosehat.com)

Equol atau Isoflavon merupakan sumber nutrisi kulit yang terdapat pada kacang kedelai.Di sisi lain, isoflavon merupakan sumber nutrisi kulit yang digunakan untuk menyeimbangkan kadar mineral dalam tubuh manusia.Namun perlu ditegaskan juga bahwa makanan isoflavon hanya boleh digunakan berdasarkan resep dokter.

Itulah 9 nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari makanan dan suplemen untuk menjaga kesehatan kulit. Ingatlah selalu untuk memilih produk vitamin kulit terbaik sesuai dengan kebutuhan tubuh dan kulit Anda. Selain penggunaan suplemen di atas, jangan lupa juga untuk memperhatikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Hindari makanan yang banyak mengandung kolesterol jahat, gula dan garam.Selain menjaga pola makan, Anda juga bisa menambahkan vitamin alami dari buah dan sayur. 

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan pada kulit terutama di bagian wajah, Anda dapat melakukan konsultasi online dengan dokter dan para ahli di Seby Clinic. Kami memiliki dokter spesialis kesehatan kulit dan kelamin yang sudah berpengalaman selama berpuluh-puluh tahun. Segera konsultasikan secara online sekarang juga atau datang ke klinik Seby Clinic terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya! 

Referensi
  • https://jovee.id/9-nutrisi-penting-untuk-menjaga-kesehatan-kulit-anda/
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/sumber-vitamin-e/
  • https://skinkraft.com/blogs/articles/vitamin-a-for-skin
  • https://www.darya-varia.com/en/read/benefits-of-vitamin-b-complex-for-health
  • https://plantura.garden/uk/green-living/nutrition/vitamin-c-fruits
  • https://www.alodokter.com/glucosamine-ketahui-5-manfaatnya-bagi-kesehatan-tubuh
  • https://violapharm.com/en/what-is-coenzyme-q10-and-what-is-it-for/
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/asam-lemak-esensial-untuk-anak/
  • https://cfns.ugm.ac.id/2020/06/09/perkembangan-lactobacillus-plantarum/
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-isoflavon/
  • https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/nutrisi/makanan-yang-mengandung-vitamin-d/

Bagikan:

Facebook
Telegram
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru

Dapatkan Info Terbaru

Langganan ke Newsletter Mingguan Kami!

Tidak ada spam, hanya notifikasi terkait artikel dan produk baru kami

Kategori

Lihat Pula

Artikel Terkait

Scroll to Top