0
Your cart
Your cart is empty.
Please go to Shop Now
Produk Harga Jumlah Subtotal

Cegah Timbulnya Flek Hitam dengan Sunscreen: Rahasia Kulit Awet Muda dan Bebas Noda di Tahun 2024

Cegah Timbulnya Flek Hitam dengan Sunscreen Rahasia Kulit Awet Muda dan Bebas Noda di Tahun 2024

Direview oleh

Dr. Muhammad Ulil Albab​, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Klinik Spesialis Kulit Seby Clinic Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah

Flek hitam merupakan salah satu masalah kulit yang umum dihadapi banyak orang, terutama wanita. Flek hitam muncul akibat hiperpigmentasi, yaitu kondisi di mana kulit memproduksi melanin secara berlebihan. Melanin merupakan pigmen yang menentukan warna  kulit.

Flek hitam bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain paparan sinar matahari, penuaan, perubahan hormonal, dan bekas jerawat. Flek hitam dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak rata sehingga melemahkan rasa percaya diri.

Flek hitam di wajah
Gambar 1. Flek hitam di wajah (sumber: health.com)

Salah satu cara untuk mencegah timbulnya flek hitam adalah dengan menggunakan sunscreen. Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Sinar matahari, terutama sinar UVA dan UVB, merupakan salah satu penyebab utama hiperpigmentasi.

Bagaimana Sunscreen Mencegah Timbulnya Flek Hitam?

Sunscreen bekerja dengan cara:

  • Memblokir sinar UVA dan UVB: sunscreen mengandung bahan aktif yang dapat memblokir sinar UVA dan UVB sebelum menembus kulit.
  • Menyerap sinar UVA dan UVB: Beberapa sunscreen mengandung bahan-bahan aktif yang dapat menyerap sinar UVA dan UVB dan mengubahnya menjadi energi panas yang kemudian dilepaskan dari kulit.
  • Memantulkan sinar UVA dan UVB: Beberapa sunscreen mengandung bahan-bahan aktif yang dapat memantulkan sinar UVA dan UVB dari kulit.
Gunakan tabir surya untuk mencegah flek hitam
Gambar 2. Gunakan tabir surya (sumber: cutislaserclinics.com)

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen secara rutin merupakan langkah penting untuk mencegah timbulnya flek hitam dan menjaga kesehatan kulit. Berikut beberapa alasan mengapa sunscreen penting untuk mencegah flek hitam:

1. Melindungi Kulit dari Sinar UVB

Sinar UVB merupakan salah satu jenis sinar ultraviolet yang dapat menembus kulit dan menyebabkan kerusakan DNA sel kulit. Kerusakan DNA ini dapat memicu produksi melanin berlebihan dan munculnya flek hitam. Sunscreen dengan SPF minimal 30 dapat membantu melindungi kulit dari sinar UVB dan mencegah pembentukan flek hitam.

2. Mencegah Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi (HPI)

HPI adalah kondisi munculnya flek hitam setelah peradangan kulit, seperti jerawat atau luka. Penggunaan sunscreen secara rutin dapat membantu mencegah HPI dan menjaga kulit tetap cerah dan bebas noda.

3. Menjaga Keseimbangan Warna Kulit

Sunscreen membantu menyeimbangkan warna kulit dan mencegah warna kulit  tidak merata. Penggunaan sunscreen secara rutin dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang cerah dan bersinar.

4. Memperlambat Tanda Penuaan

Perawatan anti aging wajah
Gambar 3. Perawatan anti aging wajah (sumber: Skinkraft.com)

Sinar matahari juga dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus dan keriput. Sunscreen membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan

Jenis-Jenis Sunscreen

Ada dua jenis sunscreen utama:

  • Sunscreen fisik: Sunscreen fisik mengandung bahan-bahan aktif seperti titanium dioksida dan zinc oxide yang bekerja dengan cara memantulkan atau menyerap sinar UVA dan UVB.
  • Sunscreen kimiawi: Sunscreen kimiawi mengandung bahan-bahan aktif seperti avobenzone dan oxybenzone yang bekerja dengan cara menyerap sinar UVA dan UVB dan mengubahnya menjadi energi panas.

Tips Menggunakan Sunscreen untuk Mencegah Timbulnya Flek Hitam

Pilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda
Gambar 4. Pilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda

Berikut beberapa tips menggunakan sunscreen untuk mencegah timbulnya flek hitam:

  • Pilih tabir surya dengan indeks perlindungan matahari minimal 30: SPF   (Sun Protection Factor) menunjukkan tingkat perlindungan suatu tabir surya terhadap sinar UVB. Semakin tinggi faktor perlindungan matahari, semakin tinggi pula tingkat perlindungannya.
  • Pilihlah sunscreen dengan spektrum luas: Sunscreen spektrum luas dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.
  • Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda: Jika Anda memiliki kulit kering, pilihlah sunscreen yang mengandung pelembab. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah tabir surya yang bebas minyak.
  • Gunakan sunscreen setiap hari: Gunakan sunscreen setiap hari, bahkan pada hari yang mendung.
  • Oleskan sunscreen secara merata pada seluruh kulit yang terbuka: Oleskan sunscreen 15-20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan ulangi setiap 2 jam sekali, atau lebih sering jika Anda berkeringat atau berenang.

Manfaat Lain Penggunaan Sunscreen

Selain mencegah timbulnya flek hitam, sunscreen juga memiliki berbagai manfaat lain, seperti:

  • Mencegah kanker kulit
  • Memperlambat proses penuaan
  • Mengurangi munculnya garis halus dan kerutan
  • Menjaga elastisitas kulit

Kesimpulan

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang penting untuk mencegah timbulnya flek hitam dan berbagai masalah kulit lainnya. Pilihlah sunscreen yang tepat dan gunakan secara rutin untuk mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda.

Catatan:

  • Artikel ini hanya sebagai informasi dan edukasi. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan produk sunscreen yang tepat untuk jenis kulit Anda dan kebutuhan Anda.
  • Pastikan Anda menggunakan sunscreen secara konsisten dan sesuai dengan petunjuk penggunaan.
  • Konsultasikan dengan dokter kulit jika Anda mengalami iritasi atau efek samping setelah menggunakan sunscreen.

Seby Clinic memiliki dokter spesialis kulit dan produk yang dapat membantu Anda dalam penanganan flek hitam dengan tepat. Seby Clinic Semarang merupakan Klinik Aesthetic dan Klinik Spesialis Kulit yang juga menyediakan resep manjur, skincare aman, dan facial bersih tanpa efek samping. Konsultasi sekarang untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya!

Klik di sini untuk konsultasi sekarang!

Referensi
  • https://www.alodokter.com/komunitas/topic/flek-di-wajah-2
  • https://www.anessa.id/for-you/penyebab-flek-hitam-di-wajah
  • https://www.halodoc.com/artikel/wajib-dipakai-5-manfaat-sunscreen-bagi-kesehatan-kulit
  • https://www.alodokter.com/flek-hitam-di-wajah-kenali-penyebab-hingga-cara-mengatasinya
  • https://www.beautynesia.id/beauty/cara-hilangkan-flek-hitam-di-wajah-benar-bisa-pakai-sunscreen/b-260101
  • https://www.halodoc.com/artikel/6-cara-jitu-atasi-masalah-flek-hitam-pada-wajah

Bagikan:

Facebook
Telegram
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru

Dapatkan Info Terbaru

Langganan ke Newsletter Mingguan Kami!

Tidak ada spam, hanya notifikasi terkait artikel dan produk baru kami

Kategori

Lihat Pula

Artikel Terkait

Scroll to Top