0
Your cart
Your cart is empty.
Please go to Shop Now
Produk Harga Jumlah Subtotal

Manfaat Hydroquinone dan 8 Cara Penggunaannya yang Tepat

Direview oleh

dr. Muhammad Ulil Albab​, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Klinik Spesialis Kulit Seby Clinic Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah

Mengenal Hydroquinone

Hydroquinone adalah obat yang digunakan untuk mencerahkan kulit yang terdapat hiperpigmentasi atau bintik hitam. Ada banyak kondisi yang menyebabkan hiperpigmentasi/flek wajah, seperti bekas peradangan, bekas jerawat, paparan sinar matahari, efek hormonal selama kehamilan atau penggunaan pil KB.

Hydroquinone mengelupas kulit dengan menghambat aktivitas enzim tirosin. Enzim ini bertanggung jawab untuk produksi melanosit pada melanosit, pigmen gelap yang memberi warna hitam pada kulit. Hal ini mengurangi produksi melanin yang menyebabkan bintik hitam pada kulit, dan membuat kulit menjadi lebih putih. 

Tentang Hydroquinone 

Merk Hydroquinone
Gambar 1. Merk Hydroquinone (sumber: aladokter.com)

Tipe obat : Pencerah kulit 

Kategori : Obat keras

Kegunaan : Perawatan kulit Perawatan kulit dengan flek hitam pada kulit akibat hormonal (cholasma) adn sering terpapar sinar matahari (melasma)

Konsumen : Dewasa

Untuk Ibu Hamil dan Menyusuia : Kategori C (dihindari) 

Sediaan di Pasaran : krim : 2%, 4% dan 5%. Larutan topikal: 0,04 g/ml 

Merek : Dequinon, Quintri, Farmaquin, Ufiquin, Atinggola, Obati NU-Derm, Melaqiderm, Melanox, Nygrox, Vitaquin, Dermacept, Refequin, Mediquin, Interquin, Skinesse HQ, Bioquin, Equinon Forte, Tricodion, Melaskin, dan Lumiquin. 

Fungsi dan Cara Kerja Hydroquinone 

Hydroquinone dalam bentuk krim atau cairan luar berfungsi mencerahkan kulit gelap akibat hiperpigmentasi. Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi yaitu seringnya terpapar sinar matahari (melasma),bekas peradangan pada kulit, bekas jerawat, bekas luka, efek hormonal akibat obat kontrasepsi, maupun hormonal pada wanita hamil. 

Hydroquinone bekerja pada sel kulit, mencegah pembentukan melanin, pigmen yang memberi warna gelap pada kulit. Pigmen ini dapat mencegah produksinya dengan menghambat hormon tirosin yang terlibat dalam proses biosintesis melanin pada melanosit. Namun, proses ini sangat lambat dan mungkin memerlukan waktu beberapa bulan sebelum Anda mulai melihat hasil dari penggunaan krim hidrokuinon. 

Kegunaan dan Indikasi Hidrokuinon 

Hidrokuinon ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​dapat digunakan pada kondisi yang disebabkan oleh: 

  • Melasma (tampak hitam atau coklat pada kulit akibat paparan sinar matahari). 
  • Cholasma (flek coklat dan hitam yang muncul akibat perubahan hormonal saat hamil atau saat menggunakan pil KB). 
  • Flek hitam.

Kontraindikasi 

Obat ini tidak dapat digunakan untuk semua kondisi kulit gelap. Jangan mengoleskan hidrokuinon pada kulit yang terbakar sinar matahari, misalnya setelah berenang atau berjemur di pantai. Orang dengan riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap hidrokuinon sebaiknya tidak menggunakan obat ini. Kemudian yang harus dihindari juga penggunaan oleh anak-anak dan wanita hamil. 

Dosis Hydroquinone dan Petunjuk Pemakaian 

Penggunaan Hydroquinone untuk Perawatan Kulit
Gambar 2. Penggunaan Hydroquinone untuk Perawatan Kulit

Gunakan dosis sesuai anjuran dokter, dengan mempertimbangkan tingkat keparahan penyakit, usia, dan berat badan Anda. Adapun dosis umum (dewasa) yang biasanya dipakai adalah sebagai berikut: 

  • Oleskan formula krim 2-4% secara merata pada kulit yang terkena hiperpigmentasi dan flek hitam. 
  • Gunakan dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur. 
  • Obat ini digunakan setiap hari selama beberapa bulan. 
  • Namun, jika warna kulit Anda tidak berubah dalam waktu 2 bulan, temui kembali dokter Anda. 

Petunjuk Pemakaian

  • Gunakan obat ini hanya secara topikal pada permukaan kulit. 
  • Hindari kontak dengan jaringan mukosa seperti mata, hidung dan mulut. 
  • Ikuti selalu petunjuk dokter atau petunjuk penggunaan yang tertulis pada kemasan sebelum Anda mulai menggunakan. 
  • Gunakan satu dosis dengan dosis lainnya pada waktu yang sama (misalnya dua kali sehari atau setiap 12 jam). Jadi agar lebih mudah, usahakan untuk menggunakannya di waktu yang sama setiap harinya. Disarankan untuk menggunakannya pada pagi dan malam hari sebelum tidur. 

Efek Samping dan Overdosis Hydroquinone 

Hydroquinone for Face Treatment
Gambar 3. Efek samping Hydroquinone untuk perawatan wajah (Sumber: Alodokter)

Hydroquinone dapat ditoleransi dengan baik oleh kulit. Namun, beberapa efek samping mungkin terjadi dan berbeda-beda pada setiap orang. Efek samping hidrokuinon antara lain:

  • Iritasi ringan yang mungkin menyebabkan iritasi kulit. 
  • Kulit kering dan merah. 
  • infeksi kulit seperti dermatitis 
  • Terjadi reaksi peradangan. 

Penggunaan dosis yang lebih tinggi atau di area kulit yang lebih luas dari yang direkomendasikan akan menyebabkan overdosis. Gejala overdosis mungkin termasuk okronosis dan iritasi kulit yang parah. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, temui dokter kulit.

Peringatan dan Tindakan Pencegahan 

Pertimbangkan hal berikut sebelum menggunakan obat ini: 

  • Beritahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap hidrokuinon. 
  • Jangan gunakan obat ini pada kulit yang mengalami luka terbuka, sayatan, terbakar sinar matahari, setelah bercukur atau menggunakan pelurus rambut, atau pada kulit yang terkena panas. 
  • Bila menggunakan hidrokuinon, hindari paparan sinar matahari karena obat ini akan kurang efektif. 

Wanita Hamil dan Menyusui

Apakah hidrokuinon aman untuk ibu hamil? 

Hidrokuinon tergolong obat kategori C untuk ibu hamil. Artinya penelitian pada hewan laboratorium menunjukkan efek negatif pada janin (teratogenesis, kematian embrio, atau efek samping lainnya) dan tidak ada penelitian terkontrol pada wanita, atau penelitian pada wanita dan hewan laboratorium tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu, penggunaan selama kehamilan sebaiknya dihindari. 

Apakah Hidrokuinon aman untuk ibu menyusui? 

Hydroquinone diketahui masuk dan mengkontaminasi ASI ibu menyusui dan dapat mempengaruhi kesehatan bayi yang menyusui. Oleh karena itu, penggunaan obat ini sebaiknya dihindari selama menyusui. 

Interaksi Obat 

Hati-hati saat menggunakan hidrokuinon dengan obat lain. Interaksi dapat terjadi antara hidrokuinon dengan banyak zat yang terdapat pada produk kosmetik seperti benzoil peroksida yang mana dapat menyebabkan noda kulit dan alkohol yang dapat menimbulkan iritasi kulit.

Seby Clinic memiliki dokter spesialis kulit yang dapat membantu Anda dalam penggunaan obat ini dengan tepat. Seby Clinic Semarang merupakan Klinik Aesthetic Semarang Barat dan Klinik Spesialis Kulit Semarang yang juga menyediakan resep manjur, skincare aman, dan facial bersih tanpa efek samping. Konsultasi sekarang untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya!

Klik di sini untuk konsultasi sekarang!

Referensi

 

Bagikan:

Facebook
Telegram
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru

Dapatkan Info Terbaru

Langganan ke Newsletter Mingguan Kami!

Tidak ada spam, hanya notifikasi terkait artikel dan produk baru kami

Kategori

Lihat Pula

Artikel Terkait

Scroll to Top