0
Your cart
Your cart is empty.
Please go to Shop Now
Produk Harga Jumlah Subtotal

8 Tips Merawat Kulit Wajah Saat Musim Hujan

kulit wajah cerah

Direview oleh

Dr. Muhammad Ulil Albab​, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Klinik Spesialis Kulit Seby Clinic Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah

Musim hujan bisa menjadi ancaman bagi kulit wajah. Tenang saja, kamu bisa ikuti perawatan wajah berikut ini agar tetap cantik saat musim hujan. 

Musim hujan bisa mengganggu kesehatan kulit wajah, terutama kulit berminyak. Pasalnya, udara lembab saat musim hujan bisa membuat wajah kusam dan menimbulkan jerawat. Untuk mencegah permasalahan klasik tersebut, ada baiknya melakukan beberapa perawatan wajah saat musim hujan sebagai berikut:

1. Menjaga Wajah Tetap Bersih

Membersihkan kulit wajah
Gambar 1. Membersihkan kulit wajah (sumber: skinkraft.com)

Menjaga kebersihan merupakan hal terpenting dalam perawatan wajah di musim hujan. Pasalnya, udara yang lembab pada musim ini membuat kulit relatif lebih berminyak. Penumpukan minyak dapat memudahkan terbentuknya komedo dan jerawat. Untuk mencegahnya, bersihkan wajah 2-3 kali sehari dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, pembersih yang terbuat dari minyak pohon teh, lidah buaya, madu, dan air mawar bisa menjadi pilihan.

2. Gunakan Cairan Pembersih Kulit Setelah Membersihkan Wajah

Gunakan toner setelah membersihkan kulit wajah
Gambar 2. Gunakan toner setelah membersihkan kulit wajah (sumber: Women’s Health)

Cairan pembersih wajah atau toner sebenarnya cukup efektif untuk menjaga wajah tetap bersih dan bebas jerawat.Tuangkan kapas secukupnya, gosok dan tepuk-tepuk pada kulit. Setelah wajah dibersihkan, sisa kotoran bisa dihilangkan.Selain itu, toner juga dapat menghidrasi lebih banyak sebelum menggunakan produk perawatan kulit berikutnya.Hal ini memungkinkan bahan aktif produk terserap sempurna sehingga manfaatnya maksimal.

3. Selalu Menggunakan Tabir Surya

Gunakan tabir surya untuk perawatan kulit wajah
Gambar 3. Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah (sumber: cutislaserclinics.com)

Sinar matahari pada musim hujan masih mengandung radiasi sinar ultraviolet. Dalam jangka panjang, sinar ultraviolet dapat menggelapkan kulit, menimbulkan flek hitam, dan meningkatkan risiko kanker kulit.Untuk melindungi kulit wajah dari bahaya tersebut, gunakanlah selalu tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 25.Jika Anda banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, pilihlah SPF yang lebih tinggi. Ingatlah untuk sering mengaplikasikannya, terutama jika Anda banyak berkeringat atau terkena air.

4. Jangan Lupa Pelembab

Gunakan pelembab untuk melembabkan kulit saat musim hujan
Gambar 4. Gunakan pelembab untuk melembabkan kulit saat musim hujan (sumber: Neostrata)

Pelembab merupakan kunci penting jika ingin kulit selalu terlihat lembut dan segar. Meski udara biasanya lembab saat musim hujan, namun penggunaan face moisturizer tetap menjadi keharusan. Untuk kulit kering, pilihlah pelembab yang mengandung minyak jojoba, madu, atau ekstrak almond agar kulit tetap lembab dan tidak iritasi. Orang dengan kulit berminyak dapat memilih pelembab berbahan dasar air yang mengandung susu, madu, atau lemon.

5. Eksfoliasi

Gunakan produk exfoliating berkualitas untuk kulit wajah bersih dan cerah 
Gambar 5. Gunakan produk exfoliating berkualitas untuk kulit wajah bersih dan cerah 

Pori-pori tersumbat merupakan salah satu permasalahan kulit yang sering terjadi saat musim hujan. Salah satu cara mencegah dan mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin.Cara eksfoliasi ada dua, yaitu eksfoliasi fisik atau kimia. Pilihlah bahan yang cocok untuk kulit Anda dan lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu. Kulit menjadi bersih dan cerah serta flek hitam tidak tersisa.

6. Hindari Riasan Terlalu Tebal

Penyebab pori-pori tersumbat lainnya adalah penggunaan riasan yang terlalu tebal.Meski tidak secara khusus berkaitan dengan musim hujan, udara dingin seringkali membuat Anda lupa menghapus riasan tersebut. Sebaiknya gunakan riasan yang ringan dan cukup sehingga mudah diaplikasikan kembali jika kehujanan. Jadi jangan lupa untuk membersihkannya secara menyeluruh setelah beraktivitas.

7. Minum Air Putih yang Cukup

Di musim hujan, udara dingin seringkali membuat haus karena tidak ada panas atau kehangatan.Penguapan cairan melalui kulit tetap terjadi. Oleh karena itu, kebutuhan cairan harian tetap perlu dipenuhi.Jangan pernah melupakan air jika ingin kulit tetap awet muda. Ingatlah bahwa 60 persen kulit adalah air.Jika Anda tidak mendapat cukup air, kesehatan kulit Anda juga bisa terganggu. Itu sebabnya dianjurkan minum air putih minimal 2 liter setiap hari. 

8. Olahraga Rutin

Walaupun cuaca tidak menentu dan sering turun hujan secara tidak terduga, namun jangan bermalas-malasan dalam berolahraga.Selain perawatan dan minum air putih yang cukup, olahraga juga penting dilakukan agar sirkulasi kulit wajah tetap merata dan optimal.Dari segi kesembuhan kulit yang baik, yang terpenting adalah kelancaran peredaran darah. Jadi pastikan Anda meluangkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk beraktivitas.Perawatan wajah secara rutin di musim hujan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Dengan rutin menggunakan tips perawatan wajah di atas, kulit wajahmu akan terbebas dari kusam dan berjerawat serta tampak segar dan awet muda! Jika ingin berkonsultasi dengan dokter kulit, klik di sini.

Referensi
  • https://skinkraft.com/blogs/articles/how-to-clean-face
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/tips-merawat-kulit-wajah-di-musim-hujan
  • https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19952473/how-to-use-facial-toner/
  • https://www.cutislaserclinics.com/blog/are-you-using-sunscreen-the-right-way/

Bagikan:

Facebook
Telegram
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru

Dapatkan Info Terbaru

Langganan ke Newsletter Mingguan Kami!

Tidak ada spam, hanya notifikasi terkait artikel dan produk baru kami

Kategori

Lihat Pula

Artikel Terkait

Scroll to Top