0
Your cart
Your cart is empty.
Please go to Shop Now
Produk Harga Jumlah Subtotal

Duh! 6 Jenis Jerawat ini Kamu Wajib Tahu Lho

6 Jenis Jerawat Wajib Kamu Tau Konsultas Dengan Dokter Kulit

Direview oleh

dr. Habibah Nur Laili, Dokter Aesthetic Umum
di Klinik Spesialis Kulit Seby Clinic Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tiba-tiba muncul jerawat di kulit? Eits, tidak perlu panik ya Bunda. Kita kenalan dulu yuk sama jenis-jenis jerawat ini. Mengetahui jenis-jenisnya bisa bikin Bunda jadi lebih tenang lho, karena jadi lebih paham seberapa gawat tingkatnya dan lebih terarah untuk penanganan selanjutnya kemana. Seby akan jelasin 6 jenis jerawat yang perlu Bunda ketahui, apa aja sih jenisnya?? 

1.WHITEHEADS

 

6 Jenis Jerawat Wajib Kamu Tau
Gambar 1. Whiteheads

Apa Itu Whiteheads?

Komedo yang berwarna putih atau yang dikenal Whiteheads merupakan jenis jerawat tertutup yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori oleh minyak dan kulit mati. Penyumbatan jenis jerawat ini cenderung menutupi seluruh permukaan teratas pori sehingga membentuk benjolan kecil berwarna putih kecil. Oleh sebab itu, Whiteheads disebut juga closed comedo.

Karena termasuk closed comedo, penanganan Whiteheads cenderung lebih sulit dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya. Perbedaan utama Whiteheads dengan jenis jerawat lainnya adalah Whiteheads memiliki sumbatan yang ditutup secara menyeluruh oleh lapisan kulit mati. Hal ini menghambat akses udara ke dalam pori-pori, sehingga Whiteheads tidak berubah warna menjadi hitam seperti Blackheads.

Area Timbulnya Whiteheads

Whiteheads biasanya terjadi pada kulit wajah, khususnya pada area dengan produksi minyak berlebih seperti dahi, hidung dan dagu. Tipe jerawat ini sering dialami oleh anak remaja yang sedang puber atau wanita terutama yang sedang dalam masa menstruasi, hamil, dan menopause karena pengaruh hormon.

Selain pada wajah, Whiteheads juga bisa muncul pada area kulit lain yang memiliki produksi minyak berlebih, seperti leher, bahu, dan punggung. Namun setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, sehingga area timbulnya Whiteheads dapat berbeda-beda pada setiap orang.

Cara Pencegahan

Untuk mencegah dan menangani Whiteheads, sangat penting untuk menerapkan skincare routine yang baik serta hindari menyentuh dan memecahkan jerawat menggunakan tangan yang kotor, agar tidak infeksi.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan diantaranya yaitu : 

    1. Menjaga kebersihan kulit

    Bersihkan wajah secara teratur dengan pembersih wajah yang lembut setidaknya dua kali dalam sehari untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan sel-sel kulit yang dapat menyumbat pori.

      2. Eksfoliasi

      Eksfoliasi secara teratur dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta mencegah pori-pori tersumbat.

        3. Menjaga kebersihan alat make up

        Bersihkan alat make up seperti brush atau kuas secara teratur agar tidak terjadi penumpukan bakteri yang mengakibatkan penyumbatan pori.

          4. Gunakan produk berbahan aktif

          Produk perawatan yang mengandung bahan aktif dapat membantu membersihkan pori-pori, serta mencegah terbentuknya Whiteheads. Namun, untuk mendapatkan produk berbahan aktif sebaiknya berdasarkan rekomendasi dokter.

            5. Hindari penggunaan produk yang berpotensi menyumbat pori-pori

            Penanganan

            Pada beberapa kasus, Whiteheads memerlukan professional treatment yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit seperti chemical peeling atau ekstraksi.

            2. BLACKHEADS

            Jenis Jerawat
            Gambar 2. Blackheads

            Apa Itu Blackheads?

            Blackheads termasuk dalam jenis jerawat ringan. Komedo terbuka (open comedo) atau nama lain dari Blackheads adalah jenis jerawat berupa komedo yang membuat kita ingin difacial. Berbeda dengan Whiteheads, Blackheads ini terbuka di permukaan kulit. Memencet Blackheads secara tidak steril dapat merusak rongga pori sehingga bakteri lebih mudah masuk dan menyebabkan infeksi sehingga dapat menimbulkan jerawat baru. Jerawat tersebut bisa berbentuk Papul, Pustul atau bahkan Nodul yang nanti akan dibahas setelah ini. Nah ketika sudah terinfeksi, tidak boleh dilakukan facial karena akan menyebabkan radang.

            Penyebab Timbulnya Blackheads

            Tidak jauh berbeda dengan penyebab jenis jerawat lainnya, timbulnya Blackheads dipengaruhi oleh minyak yang berlebih, bakteri, folikel rambut tersumbat, dan hormon.

            Penyebab Terinfeksinya Blackheads

            Pada kulit terdapat kelenjar sebasea, yang mengeluarkan minyak di bawah setiap pori-pori. Khususnya pada tipe kulit berminyak, kelenjar tersebut akan lebih aktif. Ketika minyak digabungkan dengan sel kulit mati di permukaan kulit, akan terperangkap pada pori-pori sehingga menyebabkan Blackheads.

            Berusaha mengeluarkan Blackheads dengan asal memencetnya, akan mengakibatkan berpindahnya bakteri pada tangan ke pori-pori sehingga menyebabkan infeksi. 

            Penanganan

            Apabila Bunda berhadapan dengan Blackheads yang terinfeksi dan muncul nanah yang membandel, memerah dan berpotensi untuk menyebar, maka butuh resep antibiotik dari dokter spesialis kulit. Antibiotik akan membantu membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi, sehingga mengurangi risiko inflamasi. Untuk Blackheads yang terinfeksi dan sudah bertumbuh besar, dalam dan menyakitkan, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit agar tidak berkelanjutan. Tidak ada dokter spesialis kulit di kota Bunda? Segera konsultasikan secara online melalui admin WA Seby.

            Apabila memiliki keluhan Blackheads dan tidak menemukan dokter spesialis terdekat, bisa melakukan konsultasi online dengan dokter spesialis kulit yang tersedia di sebyclinic.co.id.

            3. PUSTUL

            Jenis Jerawat
            Gambar 3. Pustul

            Apa Itu Pustul?

            Pustul merupakan jenis jerawat berupa benjolan kecil pada kulit yang berisi cairan atau nanah, berwarna putih atau merah dengan ditengahnya berwarna putih. Biasanya muncul berupa benjolan putih dengan dikelilingi kulit yang memerah. 

            Area Timbulnya Pustul

            Jenis jerawat ini umumnya muncul di dekat kelenjar minyak yaitu di wajah, punggung, dada, dan bahu. Ukurannya bervariasi, mulai dari kecil hingga besar dan terasa nyeri apabila disentuh. 

            Penyebab Timbulnya Pustul

            Pustul adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang biasanya terjadi ketika pubertas, kehamilan, dan menopause. Selain itu Pustul juga dapat terbentuk dari inflamasi kulit yang disebabkan oleh alergi makanan, lingkungan dan gigitan serangga.

            Penanganan

            Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan Pustul, diantaranya yaitu :

            1. Oleskan krim  jerawat

            Penggunaan krim jerawat berbahan aktif merupakan treatment utama yang dianjurkan dokter spesialis kulit di pedoman pengobatan jerawat.  Gunakan krim jerawat yang diperoleh dari apotek maupun dokter.  

            2. Obat minum 

            Apabila Pustul tidak membaik setelah menggunakan salep jerawat, sebaiknya segera datang ke dokter di klinik spesialis kulit untuk diresepkan obat minum.

            3. Menjalani treatment khusus

            Untuk kasus Pustul yang membandel meskipun sudah diobati, silakan periksakan ke dokter dan tanyakan treatment apa yang sesuai.  

            4. Papul

             

            Jenis Jerawat
            Gambar 4. Papul

            Apa Itu Papul?

            Papul merupakan jenis jerawat berupa benjolan kecil berwarna merah. Ukuran diameternya tidak lebih dari 5 mm. Tipe jerawat ini tidak memiliki nanah kuning ataupun putih. Apabila Papul memiliki nanah maka akan menjadi Pustul. Kebanyakan Papul akan berubah menjadi Pustul dalam beberapa hari.

            Penyebab Timbulnya Papul

            Terbentuknya Papul disebabkan oleh bakteri, produksi minyak berlebih, dan hormonal. Selain itu juga bisa dipengaruhi oleh stress, mengonsumsi terlalu banyak gula, serta mengonsumsi obat-obatan tertentu.

            Perbedaan Papul dan Nodul

            Apabila terdapat Papul dengan ukuran besar, terlihat bengkak serta terasa menyakitkan, itu bukan merupakan Papul tetapi acne Nodul. Nodul dan Papul tergolong sama tetapi Nodul lebih dalam dan lebih berat dibandingkan Papul. Biasanya membutuhkan waktu lebih untuk mereda dan lebih berisiko meninggalkan bekas luka. 

            Penanganan Papul

            Apabila memiliki beberapa jerawat tipe Papul pada area tertentu, tetapi kondisi kulit cenderung bersih, oleskan totol jerawat hanya pada area timbulnya jerawat Papul. Totol jerawat akan membantu meredakan jerawat Papul dengan lebih cepat. Tetapi apabila jerawat Papul sudah begitu menyebar hingga breakout, itu tandanya butuh resep pengobatan jerawat secara medis. Dokter spesialis kulit akan merekomendasikan perawatan khusus untuk jerawat Papul yang dikeluhkan, serta meminimalisir terjadinya keluhan serupa dikemudian hari.

            5. Nodul

             

            Jenis Jerawat Nodul
            Gambar 5.  Nodul

            Apa Itu Nodul?

            Nodul merupakan salah satu jenis jerawat yang berada di bawah permukaan kulit yang terasa keras dan nyeri serta ukurannya cukup besar. Tipe jerawat ini dapat berlangsung selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

            Gejala Nodul

            Nodul acne memiliki gejala yang berbeda dengan jerawat biasa, perhatikan gejala ini dan bandingkan dengan jerawat pada kulitmu.

            • Terdapat benjolan di bawah kulit yang terasa mengeras
            • Pada area kulit yang mengeras tampak memerah akibat peradangan
            • Terasa sakit apabila disentuh
            • Tidak memiliki nanah
            • Sulit dihilangkan, tipe jerawat ini bisa bertahan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

            Penyebab Timbulnya Nodul

            Tidak jauh berbeda dengan jenis jerawat lain, Nodul disebabkan oleh penyumbatan pori akibat penumpukan sel kulit mati, minyak berlebih dan bakteri. Pemicu utama timbulnya jerawat ini yaitu hormon androgen. Apabila kadar hormon androgen meningkat maka produksi minyak di kulit pun ikut meningkat.

            Androgen dapat mengubah susunan kimiawi minyak kulit. Sehingga, pori-pori kulit lebih mudah tersumbat dan mendukung bakteri penyebab jerawat untuk berkembang biak.

            Apakah Nodul Meninggalkan Bekas?

            Nodul terdapat pada lapisan kulit dalam serta bisa menimbulkan bekas, bahkan meskipun tidak berusaha menghilangkan dengan memencetnya. Upaya terbaik yang bisa dilakukan untuk mengurangi kemungkinan berbekas yaitu dengan melakukan treatment sesegera mungkin. 

            Penanganan

            Sayangnya Nodul tidak dapat menghilang dalam satu malam. Membutuhkan waktu kurang lebih 3-4 bulan treatment rutin untuk melihat perkembangannya. Dokter spesialis kulit akan membantu untuk memeriksa kondisi jerawat serta merekomendasikan treatment yang paling tepat dalam upaya mempercepat proses penyembuhan jerawat.

            6. CYSTIC

            Jenis Jerawat
            Gambar 6. Cystic

            Apa Itu Cystic?

            Cystic merupakan jenis jerawat yang menyakitkan, jerawat tipe ini terbentuk dari nanah yang berada di bagian kulit terdalam.

            Penyebab Timbulnya Cystic

            Pori-pori pada kulit yang tersumbat oleh minyak berlebih dan sel kulit mati dapat menyebabkan jerawat. Bakteri dapat dengan mudah masuk dan terperangkap dalam pori bersama minyak dan sel kulit mati. Kulit akan bereaksi dengan terjadinya pembengkakan pada lapisan kulit tengah. 

            Bagaimana Rupa Cystic?

            Cystic akan berupa gumpalan merah di dalam kulit, terasa keras dan sakit apabila disentuh, serta mengandung nanah berwarna putih ke kuningan.

            Penanganan

            Cystic merupakan jenis jerawat membutuhkan perawatan oleh dokter spesialis kulit. Biasanya memerlukan obat jerawat khusus. Jerawat jenis ini cenderung susah terkontrol. Jangan patah semangat apabila treatment pertama belum berhasil. Ini akan membutuhkan beberapa kali percobaan sampai akhirnya bisa menemukan treatment yang paling cocok untuk keluhan yang sedang dialami.

            Nah, dari berbagai macam bentuk jerawat yang sudah kita bahas, masing-masing jerawat memiliki penanganan yang berbeda ya Bund. Biasanya, treatment Facial Medis akan direkomendasikan untuk jerawat ringan seperti komedo yang butuh diekstraksi. Sedangkan jerawat Papul, Pustul, Nodul dan kistik sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan facial atau ekstraksi karena bisa memperparah peradangan jerawat tersebut. Jangan lupa, konsultasikan jerawat kamu dulu ya agar didiagnosis langsung oleh dokter dan dipilihkan tindakan terbaik untuk jerawatmu. 

            Selain pengobatan, ada hal yang sama pentingnya dilakukan nih, Bun! Yaitu: hindari pencetus jerawat. Makanan yang dapat mencetuskan jerawat antara lain makanan pedas dan berminyak, susu, dan makanan/minuman manis dan ultraproses. Faktor pencetus lainnya seperti stres, hormon, dan begadang. Yang kadang kita tidak sadari Bund, jerawat juga bisa jadi indikator masalah pada tubuh. Yuk Bunda, mulai gaya hidup sehat mulai dari sekarang! Jaga asupan nutrisi, pola tidur, dan mulai olahraga. Semangat glowing luar dalam, Bunda!

            Jika jerawat di wajah kamu sudah sangat mengganggu penampilan, segera konsultasikan ke dokter. Seby Clinic memiliki dokter spesialis kesehatan kulit dan kelamin yang sudah berpengalaman selama berpuluh-puluh tahun. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab jerawat tersebut. Bila penyebabnya diketahui, dokter dapat meresepkan pengobatan yang sesuai.

            Segera konsultasikan secara online sekarang juga atau datang ke klinik Seby Clinic terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya!

            Bagikan:

            Facebook
            Telegram
            Twitter
            LinkedIn
            WhatsApp

            Tinggalkan Komentar

            Artikel Terpopuler

            Artikel Terbaru

            Dapatkan Info Terbaru

            Langganan ke Newsletter Mingguan Kami!

            Tidak ada spam, hanya notifikasi terkait artikel dan produk baru kami

            Kategori

            Lihat Pula

            Artikel Terkait

            Scroll to Top